Tuesday, April 17, 2012

Penanaman Organik

Penanaman Organik

Tanah yang bebas dari pencemaran udara adalah mutlak dalam penanaman organik. Oleh karena itu sebelum penanaman, tanah harus dibiarkan begitu saja dalam kurun waktu 2 - 7 tahun, sebagai jaminan bahwa tanah tersebut terbebas dari bahan-bahan kimia dan tidak tercemar oleh lingkungan sekitar.


Penanaman tumbuh-tumbuhan saat ini selalu disertai dengan penggunaan racun serangga, pupuk-pupuk buatan, suntikan perangsang (hormon) serta bahan-bahan tambahan lain untuk mempercepat pertumbuhan dan mempercantik hasil. Dalam penanaman Organik hal-hal tersebut tidak diperbolehkan! Tanah-tanah disekeliling lahan kebun organik juga harus bebas dari pencemaran, untuk menghindari penularan ke lahan kebun organik, sehingga kawasan tersebut berada pada level kwalitas yang paling murni.

Tahap-tahap produksi (panen, pemrosesan dan pembungkusan) harus diawasi secara seksama untuk menghindari bahan-bahan kimia (misalnya warna tiruan, anti depresan, dan pewarna tiruan). Dan apabila tahap-tahap produksi sudah dijamin sesuai prosedur diatas, maka produk tersebut sudah dikategorikan 100% ORGANIK dan bebas dari pencemaran.
Terlihat di foto adalah Dr. Henry Chang yang mengambil hasil produk organik yang langsung siap dimakan tanpa dibersihkan terlebih dulu, dan itu menandakan bahwa hasil produksi benar-benar alami dan bebas pencemaran.


0 comments:

Post a Comment