Tuesday, April 17, 2012

Makanan Organik


Pengertian Organik

Arti Organik adalah "Berasal dari tanah", alami, asli, tidak tercemar, murni, dan lain-lain.
Sehingga produk organik adalah sifat-sifat produk pertanian yang digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup sehari-hari, contohnya vitamin, sayur dan buah, pasta gigi, sabun, sabun cuci, dan lain-lain.

Makanan Organik
Menurut Dr. Henry Chang (Bapak Organik Dunia), Makanan Organik adalah Makanan yang berasal dari produk pertanian yang dikelola secara alami, bebas dari pupuk kimia, tanpa bahan-bahan kimia dan bahan tambahan sejak permulaan proses penanaman.
Contoh alami adalah membajak tanah dengan cara tradisional, memberi pupuk alami, menanam pada tempat yang memang memiliki kandungan tanah subur, menggemburkan tanah dengan cara memasukkan cacing tanah didalamnya.
Proses tersebut akan menyebabkan tanah dioksidasikan, sehingga memurnikan tanah, air, dan udara di kawasan tersebut.
Pupuk-pupuk kimia memang bisa membantu pertumbuhan, memberikan hasil yang lebih baik, meningkatkan produktivitas tanah, tapi itu semua hanya indah dipandang mata, tapi rasa dan manfaatnya bagi tubuh tidak sebanding dengan tanaman yang ditanam secara organik.


Daging dan susu organik
Peternakan hewan secara organik adalah hanya memberikan makanan-makanan organik kepada hewan tersebut. Yang tentunya makanan-makanan tersebut harus bebas dari hormon pertumbuhan, dan hewan-hewan ternak tersebut tidak disuntik menggunakan hormon-hormon tambahan.
Jika ternak sapi diternak dalam padang rumput organik, maka daging dan susu yang dihasilkan bisa dikategorikan organik. Contoh yang lain adalah rasa daging ayam kampung lebih lezat dibanding dengan ayam yang berasal dari peternakan komersil.

Oleh karena itu Dr. Henry Chang yakin jika umur manusia bisa mencapai  usia 100 tahun. Tapi sebagian besar manusia tidak bisa mencapai umur 100 tahun, karena makanan yang dikonsumsi banyak mengandung bahan-bahan kimia, sehingga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, maka muncullah penyakit-penyakit masa kini, seperti tekanan darah tinggi, Leukemia (kanker darah), dan lain-lain.
Saat ini berbagai negara di dunia sudah setuju dengan konsep bumi organik, yaitu mempopulerkan makanan organik menjadi pola hidup masyarakat dunia, sehingga pola makan dan minum manusia akan berubah dan tujuan ideal Hidup  Sehat Panjang Umur bukan hanya menjadi impian.

0 comments:

Post a Comment